Senin, 17 Oktober 2016

Membuat Game Delphi sederhana ~ Mobil tertabrak




    LOGIKA PROGRAM 
  Membuka Delphi 7. 
 Pada form 1, membuat label sebanyak 3 buah, Timer1 buah, button 1 buah, image 4 buah, dan panel 1 buah lalu mengubah captionnya serta menyusunnya seperti pada gambar berikut 


a.    Untuk memasukkan gambar, klik image lalu pada object inspector klik picture, dan akan muncul kotak dialog seperti pada gambar berikut.

a.    Klik Load, lalu tentukan folder tempat gambar yang ingin dimasukkan, lalu klik OK.
b.    Masukkkan kodingan pada listing program,

Var
X, skor, hs: integer;
Form1: Tform;
Procedure Tform1.Timer1Timer(Sender: TObject);
Begin
X := 10;
Label2.Caption := intostr(hs);
Label3.Caption := inttostr(skor);
image1.left := image1.Left+x;
if image1.left > 600 then
begin
timer1.Enabled := false;
showmessage('mobilnyatertabrak :(');
if(image4.Visible =  true) then image4.Visible := false
else if(image3.Visible =  true) then image3.Visible := false
else if(image2.Visible =  true) then image2.Visible := false
else
begin
showmessage('Game Over');
image1.left := 0;
image2.Visible := true;
image3.Visible := true;
image4.Visible := true;
if skor > hs then
begin
hs := skor;
Label2.Caption := inttostr(hs);
end;
skor := 0;
Label3.Caption := inttostr(skor);
end;
Button1.Caption := 'START';
end;
end;
Button 1
Procedure Tform1.Button1Click(Sender: TObject);
Begin
Label3.Caption := inttostr(skor);
Label2.Caption := inttostr(hs);
if Button1.Caption = 'START' then
begin
image1.Left := 0;
Button1.Caption := 'STOP';
End
Else
Begin
Button1.Caption := 'START';
timer1.enabled := false;
if (image1.left >= 600) and (image1.left <= 550) then
begin
showmessage('skor 100');
skor := skor + 100;
end
else if (image1.left >= 550) and (image1.left < 600) then
begin
show message('Anda mendapat skor 100');
skor := skor + 100;
end
else if (image1.left >= 400) and (image1.left < 550) then
begin
show message('Anda mendapat skor 80');
skor := skor + 80
;end
else if (image1.left >= 300) and (image1.left < 400) then
begin
show message('Anda mendapat skor 60');
skor := skor + 60;
end
else if (image1.left >= 200) and (image1.left < 300) then
begin
show message ('Andamendapatskor 40');
skor := skor + 40;end
else if (image1.left >= 100) and (image1.left < 200) then
begin
show message('Anda mendapat skor 20');
skor := skor + 20;
end
else if image1.left < 100 then
begin
show message ('Anda mendapat skor 10');
end;
end;
end;
Form 1
Procedure Tform1.FormCreate(Sender: TObject);
Begin
timer1.enabled := false;
end;
end.

OUTPUT PROGRAM
·         Form1
a.Klik start, maka mobil akan berjalan. Jika menabrak dinding, maka mobil akan menunjukkan kotak dialog “'mobilnyatertabrak :(“ seperti pada gambar berikut.
  b.klik stop sebelum menabrak dinding, maka kita akan mendapatkan skor. Semakin ke kanan arah mobil, maka semakin banyak skor yang kita dapat.

ac.   Jika nyawa sudah habis, maka akan muncul kotak dialog “Game Over”.

klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar